Thursday, September 26, 2013

Kaleia: Birth Story

Long time no see..

Ya maklumlah yaa, sebagai emak-emak baru tau sendiri gimana rempongnya. Hari ini hari kedua masuk kerja lagi, padahal seharusnya udah dr hari senin sih masuknya, tapi krn balada persusteran, terpaksa extend cuti 2 hari. Naah, berhubung pekerjaan saya sebagai Account Officer di suatu bank, dan sewaktu saya cuti account saya disebar ke bbrp rekan kerja saya, skrg accountnya masih dipegang mereka dl sampe selesai 1 proses, jadi saya masih magabut deh. Mari kita mengupdate blog klo begitu. *tiup debu debu intan di blog*

Sekitar 2 minggu sebelum saya melahirkan, braxton hicks ga kelar-kelar. Tau sih klo itu cuma braxton hicks, soalnya sakitnya bearable bgt. Kata ibu dan kakak saya soalnya kl kontraksi yg sesungguhnya sakitnya tuh sampe pengen ngeremes sesuatu, even baru pembukaan awal. Okelah saya diemin dulu. Sampe suatu hari, sakitnya masih bearable juga, tapi perut saya kenceeengg banget sekenceng bola basket mikasa gitu. Akhirnya daripada penasaran, datanglah saya ke ruang bersalin RSPI (tempat saya berencana melahirkan) untuk ngecek apakah sudah ada pembukaan. Begitu sampe disana, langsung di CTG (alat ukur kontraksi dan denyut jantung bayi). Denyut jantung bayi normal, dan ada kontraksi tapi masih rendah banget. Terus dicek pembukaan, eh belum ada pembukaan sama sekali. Jadilah dijutekin bidannya. Dia bilang "ibu jangan panik, pasti anak pertama deh" dengan nada nyinyir gitu. Yaelaaaah, siapa yang panik sih... (gueeee hahaha)

Setelah cek kontraksi dan pembukaan yang traumatis itu, besok-besokannya saya justru malah ngga ngerasain kontraksi apa-apa sama sekali. Ilang blaaass. Sampe sekitar semingguan gitu, saya ada jadwal kontrol ke obsgyn (di usia kehamilan 39w5d, yang artinya 2 hari sebelum due date). Datanglah saya kontrol ditemani ibu saya. Jadwal kontrol jam 13.00, udh sampe di RS dari jam 12.00. Karena bulan puasa, jadi ibu saya nemenin saya aja makan siang di cafetaria RS. Di tengah-tengah makan, saya ngerasa ada basah-basah, trus saya langsung ngecek ke kamar mandi, kayaknya ketuban pecah. Langsung buru-buru abisin makanan (tetep yee diabisin), trus naik ke poli kandungan. Pas sampe poli kandungan, kata susternya klo udah basah gitu mending langsung ke ruang bersalin. Sampe ruang bersalin, dicek sama bidan-bidan disana (kali ini ngga ada si jutek, fiuhh..), katanya bener itu air ketuban, dan air ketubannya udah agak ijo.. Di CTG, ternyata kontraksi masih rendah juga, dicek pembukaan, belum ada pembukaan juga. Waduhhh...

Ngga lama kemudian, obsgyn visit ke ruang bersalin, bilang klo ini dalam waktu paling lambat 24 jam harus sudah melahirkan. Karena obsgynku sayang (dr. Aswin Sastrowardoyo) sangat pro normal, jadi doi bilang dicoba induksi dulu ya.. Nanti kita pantau. Worst case-nya kalau harus C-Sectio, harus siap ya. Langsung saya nangis senangis-nangisnya. Bukannya apa-apa, pengen banget lahiran normal.

Sekitar jam 15.00, infus induksi mulai dipasang. Perlahan tapi pasti, kontraksi makin kenceng maleehhh.. Awal-awalnya masih bisa sambil bercanda. 2 jam kemudian, cek pembukaan udah bukaan 5 aja lohhh. Pindah deh ke ruang bersalin yang suite dari yg rame-rame itu. Rasanya beuhhhh.. Sejam kemudian, cek pembukaan lagi, udah bukaan 7, ini rasanya bukan sakit gimana ya, bener2 kayak ada yg ngedorong mau keluar yang bikin pengen ngeden, tapi sayangnya belum boleh ngeden.. Huhuu ga kuat bangeeettt. trus langsung bidan-bidan telf dr. Aswin yang sore itu praktek di RS Puri Cinere, tp karna hujan dan itu jam pulang kantor dr. Aswin bilang pasti ngga keburu. Doi shock juga krn cepet banget prosesnya. Dipikir paling cepet tengah malem kali ya jd doi praktek dulu di RS Puri Cinere. Jadinya lahirannya ngga sama doi deh, sama dr. Bhimantoro. Jam 18.47 lahirlah anakku putri yang cantik yang diberi nama Kaleia Naylandrea Andika..

Dan suami saya yang tampangnya kayak debt collector dan suaranya menggelegar bak supir metromini pun menangis tersedu-sedu.. (ngga boleh buka aib suami sih harusnya..)

Dilanjutkan dengan diazanin sama papanya, trus Kaleia ditaro di dada saya untuk IMD..Sambil dibawah situ dijait2, Kaleia merayap-rayap mencari sumber makanannya.. Subhanallah.. Alhamdulillah.. Terimakasih Ya Allah sudah mempermudah persalinanku dan memberi keselamatan untuk aku dan anakku.. Makasih yaa Kaleia sayang, pinter banget deh kamu, ga pengen mamanya kesakitan lama-lama ya sayang.. We love you to the infinity and beyond!


2 comments: