Tuesday, July 18, 2017

Kala: Birth Story

Siapa yang bilang anak kedua lahirannya bakal lebih cepet? Cubit nih.

Pokoknya intinya mah every pregnancy has its own story. Ngga ada pattern, jadi jangan ada guarantee.

Alhamdulillah prosesnya emang lebih mudah sih di anak kedua, secara kaleia lahir pake diinduksi segala. Tapi kala juga hampir diinduksi kok.

Ceritanya gini. Kalandra lahir di minggu 41 kehamilan. Padahal mamanya ngga tidur2an mulu lho selama hamil. Hamil sambil kuliah S2 + Profesi yang kerjaannya pulang malem bikin tugas dan belajar kelompok. Bahkan di kehamilan usia 7 bulan, sempet jalan-jalan jauh yang flightnya belasan jam, plus disana juga lumayan sering jalan kaki yang jaraknya berkilo-kilo. Mendekati due date juga tiap pagi sore jalan kaki bolak balik di depan rumah plus yoga hamil di rumah berbekal youtube. Tapi ya bisa aja lahiran di minggu ke 41. Anaknya betah kali ya di perut.

Pas due date tanggal 17 Februari alias kehamilan 40 minggu, belum ada tanda-tanda persalinan, belum mules sama sekali. Kata obsgyn kesayangan, dr Aswin Sastrowardoyo. kita tunggu seminggu ya, masih bisa ditunggu kok, air ketuban juga masih banyak dan kondisinya masih oke. Jadilah kita jadwalin buat kontrol minggu depannya, tapi sambil berharap sih, ga sampe minggu depan udah mules dan bisa lahiran.

Ditunggu-tunggu, sang mules belum juga dateng, jadi hari jumat tgl 24 Februari 2017 siang hari, tepat usia kehamilan 41 minggu, dateng kontrol lagi, dan dicek air ketuban masih oke juga. Tapi karena udah 41 minggu, udah batas akhir banget tuh, jadi dijadwalkanlah induksi besok paginya. Abis kontrol itu pulang dan persiapkan hati buat induksi besok pagi. Eh tapi kok dijalan malah kerasa mules ya. Masih belum sampe mau jambak jambak sih, jadi yoweslah pulang dulu aja.

Sampe dirumah, gelombang mules datang dengan hebatnya sampe lagi berdiri kerasa mau pingsan gitu. Dulu pas lahiran kaleia ga ngerasain nih yang gini, soalnya kan ketuban pecah duluan dan induksi jadi mules mulesnya kerasa pas udah di ruang bersalin aja jadi udah sambil tiduran. Karena yakin ini bukan braxton hicks, baru juga sampe rumah jam 6 sore, jam 8 malem udah minta balik lagi ke RS.

Dijalan menuju RS, (tumben jalanan lowong banget), mulesnya masih dateng regularly sih tapi kok ngga se-intense tadi pas dirumah ya? Duh gawat dong kalo disuruh pulang lagi? Ah sudahlah gpp ke RS aja, toh besok juga dijadwalin induksi. Klo perlu nginep RS aja dr mlmnya. Daripada keburu gengsi. Hihihi.

Sampe di RS sekitar jam 9 malem, di cek CTG, bener loh ilang aja kontraksinya. Sama sekali blas ga mules. Wahh, ini sih gengsi juga klo ga pulang. Sebelum pulang, bidannya ngecek pembukaan dulu biar memastikan emang belum ada tanda-tanda persalinan. JEGEERR, abis dicek, muka si bidan pucet dan langsung bilang ke Kresna: "Pak, Bapak lgsg ke admission ya di bawah untuk booking kamar perawatan." Lah lah lah, kenapa ni. "Iya Pak, ini udah mau lahiran." Tak disangka tak dinyana, udah bukaan 6 sodara-sodara. Pantesan tadi dirumah sakitnyaaa minta ampun.

Setelah itu pembukaannya terasa pelan tapi pasti (pelannya ya karena sakit banget ya ampun), dan jam 22.50, lahirlah anak lelakiku, Kalandra Askarashad Andika. Alhamdulillah Ya Allah. Terimakasih yaa sayang atas kerjasamanya, mama jadi ngga lama-lama deh kesakitannya. :*




Monday, July 17, 2017

Welcome to the world Kala!

Halloooo (tiup debu debu di blog)

Seribu tahun cahaya baru balik dan memberikan kabar bahwa sudah ada anak kedua. Hihi telat pula.
Tapi berlandasan asas keadilan dan sayang-sayang, walaupun bayinya udah hampir 5 bulan, maka kita ucapkan:

"Selamat Datang Kalandra Askarashad Andika" ke blog punya mamanya. :)

A week old

2 months old

3 months old

4 months old
Keginuk ginukan yang HQQ :)

Thursday, July 28, 2016

Official

I guess it's official and safe to say that i'm a mommy yang nganterin dan nungguin anaknya di sekolah.

Haha yes, seperti yang udah pernah gue bahas disini, karena satu dan lain hal akhirnya gue memutuskan resign dari salah satu bank pelat merah itu, demi menjemput impian. That dream wasn't exactly mine, but i've just realized that it might be the best thing i can do, and the closest i can get to mine.

Jadilah sekarang gue teronggok dengan kurang manisnya di salah satu restoran fast food, mengetik kata demi kata di blog gue yang sudah usang ini, for the sake of killing time, sambil nungguin waktunya kaleia pulang sekolah.

Minggu depan udah mulai masuk kuliah sih, walaupun masih asistensi (which surprisingly asistensi pake silabus! how cool is that? (not)), dan masih belom setiap hari, dan kebetulan ga bareng sama hari sekolahnya kaleia, so probably i still can continue writing blogs sampe kuliahnya jadi setiap hari dan waktu tergerus oleh bikin tugas paper makalah blablabla.

There are times i miss working 9-5 (which in my case 7.30-God knows when), fancy lunch with colleagues full of gossips, overtime, movies or karaoke after working hours. Tapi itu tergantilah dengan waktu yang bisa dihabiskan sama anak. Lagipula lebih sering merasa bersyukur sih, klo inget waktu kerja kemaren itu hampir tiap hari lho ngga ketemu anak. Kaleia selama weekdays cuma main sama susnya aja, sama ndenya sih kadang klo ndeya lagi ngga pergi, tapi kan lebih sering ya cuma berdua aja mainnya. Kebayang ngga sih gmn kesepiannya dan bosennya, wajar banget klo minta adek, dan seneng bgt langsung nemplok tanpa henti sama mamanya begitu mamanya berenti kerja.

Btw disebelah gue ada bapak-bapak pake baju kerja, at this hour, main piano di ipadnya. Keren deh mainnya. Mungkin doi musisi lagi nyiptain lagu? Oh, so random.

Oh ya, Kaleia udah 3 tahun loh. Oh how time flies. Ulangtahunnya udh tgl 11 Juli kemaren sih, tapi baru dirayain sabtu kemaren. Saking hebohnya dan ngaretnya, sampe lupa foto-foto, so i don't have decent photos, terutama pas yang anak-anaknya lagi main. But seeing their happy faces, cukup lah bikin hepi dan lupa sama tagihan haha. Alhamdulillah ngga ada hambatan yang berarti, padahal dr 2 minggu sebelumnya udah deg-degan takut ujan krn setiap sore ujan aja. Alhamdulillah di hari H nya ngga ujan sama sekali lho, eh ujan sih tapi pas banget setelah acaranya selesai. *Sujud syukur* Nanti deh coba dikumpulin foto-fotonya ke berbagai sumber, kalo dirasa mumpuni dan ngga males, dibikin reviewnya hihi ah harus bikin sih soalnya harus banget nih promoin vendor yang baik hati dan kusayangi hihi.

Pengen banget deh bisa menulis hal yang berguna buat orang lain, tapi selalu end up nulis random ngga jelas gini. zzzz nulis daily life muluk, mending life nya menarik haha. tapi yoweslah, sementara ini nulis emang cuma buat killing time and leave something to re-read sometimes in the future. Eh tapi bener ternyata berguna lho, ada beberapa hal yang gue ngga lupa, tapi gue inget pernah gue bahas di blog, terus pas buka-buka lagi eh ada kan. wlopun hal kecil yang mungkin keliatannya ga penting, kita ngga akan pernah tau klo suatu saat kita butuh info itu. ahhh kekepin blog erat-erat (emang balon?)

Ah, supaya ngga bosen ntar edit edit dikit tampilan blog ah. Biar suasana baru gitu. Siapa tau jadi bisa nulis yang bergunaan dikit. Eh ngaruh ngga sih? Haha.

Sunday, May 15, 2016

Young Living Essential Oil: The Oils Dept


Bukan postingan berbayar.

Tapi postingan jualan. HAHA. Ngga sih, mau cerita aja dikit. Sebagai mantan mahasiswa jurusan akuntansi, jiwa skeptis mah ngga kurang. Sampe sekarang aja masih ga pernah mau dengerin mar*o teg*h salam super. (itu skeptis apa ngeyel?) Jadi begitu denger young living essential oil (YLEO), sama aja kayak jaman dulu denger CNI Amway dkk. Haha. Meskipun udah seorang Andien Aisyah yang posting di instagram, hati ini tetap tidak tergubris.

Sampai pada saatnya seorang ibu muda beranak satu ini pusing tujuh keliling seperti layaknya ibu baru lainnya yang harus menghadapi kenyataan bahwa anaknya harus kenalan sama virus. Hiks. Namapun bayi, klo udah batuk pilek, ya susah tidur. Yang batuknya ganggu lah, pileknya bikin susah nafas lah, belum lagi klo mampet dan grok grok. Yassalam. Tiap batpil kok ya lamaa dan bikin demam sih. Perih hati mamak ni.

Eh terus tiba tiba liat di instagramnya one of my favorite bloggers, Nita, klo doi pake YLEO, dan menyebut duo peppermint-thieves sebagai magic oils yang bisa menjadi sandaran bagi ebes ebes yang pusing dikala anak flu tak berkesudahan. Ketika yang bilang udah blogger panutan (dan kebetulan punya problem yang sama sih hihi), tekad bulat untuk nyoba. Awalnya beli yang ukuran cilik-cilik (5ml), eh ternyata beneran aja loh. Yang biasanya klo flu bisa sampe berminggu-minggu dan sampe bikin demam (bahkan sampe ke rumah sakit dan diambil darah hiks), ini 3 hari udah sembuh. Kok magic?

Terus, ogah rugi dong ya. Buat diri sendiri, sebagai seorang ibu, paling dihindarin deh sakit. Biasanya dikit-dikit tenggak obat warung deh (maaf ya badan), drpd nularin anak. Tiba-tiba kepikiran, eh si YLEO boleh ga sih diminum? Googling sana-sini, ternyata boleh. Tapi pake gelas kaca ya. Begitu tenggorokan kerasa ga enak kayak mau flu, langsung deh gelas kaca isi air anget ditetes setetees aja thieves. Rasanya sih emang ga seenak jus kedondong, but it works like magic! Langsung 5 menit kemudian ilang rasa ga enak di tenggorokan. Dan flu batal mampir. Gimana dong kok ini magic banget?

Selama berbulan-bulan menjadi customer setia siapapun yang jualan YLEO di socmed, sampe akhirnya pengen nyoba oil2 yang lain, because there's an oil for that, akhirnya mutusin buat joining membership. Yeay bisa nyobain magic-magic yang lain. Nah karna udah member, sekalian aja lah kita jualan juga. Buat yang mau beli, boleh loh ceki ceki instagram @theoilsdept (and don't forget to follow!). Klo bilang taunya dr blog akuh, dapet harga super miring dehhhh :)

Friday, March 25, 2016

Pilihan Hidup

Beginilah blogger gadungan, setelah ngabur seribu tahun cahaya yang lalu, tiba-tiba ga pake kesamber gledek pengen nulis lagi. Padahal sempet berwacana mau membumihanguskan blog ini aja, mengingat nampaknya keinginan ngeblog kemarin-kemarin ga juga muncul.

Tapi berhubung i'm gonna take a big step that apparently will change my life (tsaelah), kayaknya ga afdol klo ga diabadikan ke sebuah postingan.

Ada apaan sih?

Setelah postingan yang sebelumnya tentang Being a mother, career, and education, akhirnya there came a moment for me to think more and discuss it with closest people about this. Momentnya sendiri ngga akan gue ceritakan, because yes that was horrible, and i don't even want to remember the detail. Tapi yang pasti, in a couple of months, gue bakal resign dari tempat kerja gue yg sekarang.

Terus mau ngapain abis resign? Yakin ngga bakalan stress dirumah doang being a SAHM (Stay at home mom)? Stress sih kayaknya klo SAHM doang, makanya rencananya akan sekolah lagi (doain yaa semoga lancar semuanya). Sekolahnya ga jauh kok, di jakarta aja, supaya bisa sambil nambahin quality time sama Kaleia, anak ini udah bisa protes skrg klo mamanya kerja, (plus program buat kasih adek ke Kaleia hahaha Amiiin Insya Allah). Setelah lulus kuliah, there are many options out there, yang belum dipastikan bakal pilih yang mana, yang penting sekarang kuliah dulu deh.

Adaaa beberapa orang yang bilang, duh sayang banget, yakin mau berenti kerja, bla bla bla, which i know some of my friends yang dulunya working mom trus skrg jadi SAHM atau WAHM (working at home mom) pasti pernah mengalaminya. But life is an option, indeed. When one door is closed, there's gonna be one door that's opened. Let's hope that the upcoming open doors are better than before :)

Kisskiss,

Saturday, July 11, 2015

Kaleia: 2 years old




I can't believe that today you're turning 2. It's still clear in my head the very first time we saw you when you were just born that we bursted into happy tears to see your beautiful face.

You're growing up so fast to be even more beautiful and smart girl that now you're becoming our most precious gift from Allah SWT.

We, your parent, will always try our best to shower you with love and pray so you can always be happy, healthy and grateful.

MamaPapa loves you to the other galaxy and back and forth and muter muter tanpa henti.

Happy 2nd birthday our forever hello kitty.

Monday, July 6, 2015

Charisma

It feels amazing to fall in love over and over again with someone that physically is far away from your type. Maybe that's called charisma :)

Being a mother, career, and education

I've always seen myself as a career woman. Dulu bahkan sempet sebel liat ibu-ibu yang kerjaannya nongkrong sama ibu-ibu lainnya (biasanya ibu-ibunya temen-temen sekolahnya anak atau ibu-ibu lainnya) buat arisan atau sekedar shopping bareng. Kok kayaknya bisanya ngabisin duit suami doang gitu. Padahal for many reasons, bisa aja we, mother, have to survive and earn money for our family. *knock on the wood* And that's what my own mother taught me over and over again.

So, i opted to pursue my career after i graduated from university. I've always been the obviously ambitious one, until i realized my priority has changed. I got married, and i got pregnant months after, and then i gave birth to Kaleia. After 3 months of maternity leave, i got back to work, but of course working life has never been the same anymore. I chose to still breastfed my baby eventhough i'm working, by expressing/pumping my breastmilk during work, and directly breastfed her when i'm home. Of course it changed my entire behavior at work. I needed to express/pump 2-3 times a day at work (which was obviously taking away my working hours). I also needed to go home the earliest amongst all colleagues. So, my superiors told me that i was changed. I wasn't the girl with strong determination and passion to give the best to the company anymore.

Honestly, one of the reasons to work in a state owned company, was the scholarship. I heard many talents here were granted scholarships abroad, in top 20 universities all over the world. To be honest again, that was so tempting. Unfortunately, i have just lost the opportunity by getting a very bad score in last year's performance evaluation. I thought i had only ruined my career. I just realized that i have just thrown away my first reason working here, at the same time.

But i guess that's worth it. Having a daughter like mine is beyond any kind of career and scholarships. Maybe there's plenty of other choices for career (pundi viwi for example hehe) or scholarship (i'm sure there's many of them). Allah's Plans are waay waaay greater than mine.

Monday, June 22, 2015

When life gives you lemon

oh.. it's been so long.. long.. loong (nyanyi)

Kerjaan sungguh menggila since who-knows-when. Baru hari ini gue bisa tarik nafas sikitlah. Kmrn2 nota analisa menumpuk, ada yang dikejer ina-inu, ada yang mau jatuh tempo, ini juga ambil nafas cuma bisa beberapa hari, sebelum mulai nota selanjutnya. Cuman speed bisa dikendorin dulu laahh.

How's life? Alhamdulillah everything's good. Kerjaan masih lancar-lancar aja, Kaleia batuk-pilek dikit dan jamur di kakinya udah hampir sembuh (oh ya, i haven't told the story), dan suster rencananya ngga balik lagi abis lebaran. But everything is still good kok :)

Batuk pilek udah dihajar pake young living (yleo) tetep aja deh, ya walaupun anaknya ga serewel batuk pilek jaman dulu pas belum ada yleo. Kalo dulu suka pake demam, sekarang engga. Pas tidur nafasnya juga jadi lebih enakan perasaan. Apa sugesti yah? Apapun apapun ya klo sugesti juga gpp lah, sugesti baik ini.

Suster abis lebaran ga balik lagi juga masih okelah. Emang gue sama kresna juga tipe yang ke suster/mba tuh, jujur ajalah, klo balik bilang balik, klo engga bilang aja. Ga ada maksa-maksa tanggal segini balik, eh ujung-ujungnya ngga balik. Malah ribet kan nanti semua jadi dadakan. Jadi udah diinterviewlah si suster, dan doi jadi jujur bilang belum tentu balik. Dikasih waktu buat mastiin, akhirnya bilang ngga bakal balik. Fiuh, nyesek sih, tapi mendingan tau sekarang kan, jadi bisa siap-siapin what-to-do what-to-do.

Sekarang dilemanya adalah suster-suster yayasan balik lagi dari kampung abis lebaran brp hari sih? Klo ambil dari infal kan bisa aja jadi lanjut yah? Malah enak jadi tanpa jeda gitu. Klo nunggu yg balik dari kampung abis lebaran takut kelamaan kan cuti eke gimana nasibnya. Apa daycare dulu selama nunggu ada suster-suster balik abis lebaran? Soalnya kan suster baru harus ditongkroning dulu juga. Belom tentu pas kan?

Ahh, when life gives you lemon.. I'd rather make a honey-lemon shot out of it.

Monday, April 13, 2015

#blab

Maybe there's another place for me to shine. Maybe it's just not here and not now. And i might have to be grateful for that.