Tuesday, July 19, 2011

Adat oh Adat

Setelah bersemedi selama 1 minggu (cuti dr ngeblog) *caelah macam rajin nulis aje guehh*, i'm back with a little (suer, super little, literally) update.. Yaituuu...

Telah diputuskan bahwa akad akan menggunakan adat Johowoho alias Njawi alias J-A-W-A! horraayyy *joget joget ala penari indihe* kenapa saya terlihat sangat senang? karena saya sebenernya suka banget ngeliat pengantin jawa.. ayu tenan gitu lhoo..

Cantik yaa?


Begini ceritanya..

Pada awalnya, sempet kepingin resepsi pake adat njawi, karena saya ngebet banget pengen dipaes.. hehehe kebetulan saya sendiri ga punya darah jawa.. darah saya campuran antara bumbu rendang sama debus (baca: padang-banten).. hamdulillahnya, punya calon suami darahnya murni.. nii.. niii *bergema* dari gudeg dan rawon (jawa tengah-jawa timur).. maka saya dengan sangat agresifnya nyosor buat dikawinin pake adat jawa.. hahaha.. maka beranjaklah saya dengan ibu suri mencari2 vendor adat jawa dibantu oleh kakakku yang cantik jelita *puja puji biar dikasih hadiah kado paket honeymoon* untuk mencari tau vendor yg ciamik buat adat jawa.. ndilalah (ini apa sih artinya?), tinuk rifky nampaknya perias adat jawa yg paling tersohor di bumi indonesia raya.. sedihnya, pada tgl yg diinginkan, si ibu tinuk ini sdh fully booked.. aargghh.. tidak berhenti sampai disini, kita akhirnya mnt referensi perias jawa yg oke dr orgnya ibu tinuk ini.. dapetlah contact seorg perias jawa di daerah rancho tanjung barat (notabene murid terjitunya ibu tinuk).. i forgot the name seriously, tp saya tdk terkesan sm perias ini, jd tdk jadi deh..

kemudian karena satu dan lain hal (bukan krn ga ketemu perias yg ciamik yaa), tiba2 rencana berubah! dengan tidak terpaksa pun resepsi diubah menjadi pake adat padang.. namun karena adat padang pun kami rasa ciamik dan bahkan punya kesan meriah buat resepsi, maka kami semua setuju..juu..juu *bergema lagi* (lo dmn sih nin nulisnya? di goa?) lalu untuk mempersingkat waktu kami lgsg beranjak ke des iskandar (yg katanya merupakan perias sekaligus vendor adat padang yang paling tersohor).. tanpa ba-bi-bu, si ibu suri pun lgsg DP, ga tanggung2, 50% dr paket standard! alamaak!

 Mudah2an bisa secakep BeCeEl amiinn

Adat resepsi mau tak mau menjadi sdh fixed pada H-10months.. hahaha betapa impulsifnya bukaan? hal ini kemudian menimbulkan pertanyaan besaar? adat apakah yg akan digunakan untuk akad? kami honestly tdk prefer nasional, maka pilihannya adalah J-A-W-A atau S-U-N-D-A.. karena adat dr keluarga CPW sdh dipake buat resepsi, maka prioritas pertama adl u/ adat jawa.. so we're back to paes yaa.. yeayy! mencoba tanya sana-sini, bbrp jawaban sangat mengecewakan! katanya, paes susah dihapus! it usually takes days to wipe the paes off the forehead.. so it's merely impossible to have akad in javanese and reception in minang within the same day.. nindapun sedih bukan kepalang.. maka adat untuk akad pun terpaksa dipending dan mengalami kebuntuan.. sempat berpindah ke adat sunda, namun hati tak tegoo walaupun keluarga CPP sdh berkata "tak apaa.."

Usut punya usut, saya tak sengaja melihat foto pernikahan teman sd saya lewat facebook, dengan akad jawa bersama paesnya, dan resepsi adat padang dengan suntiangnya, within the same day! maka saya bergegas untuk menghubungi teman saya tersebut, dan dia bilang itu mungkin! maka bak mendapat angin segar pun saya segera meng-kontek des iskandar.. dengan semangat '45, saya membombardir dengan segala pertanyaan dan kemungkinan, akhirnya dia menjawab, "bisa mbak, asal akadnya pagi, resepsinya malem.."

Sejujur-jujurnya, tadinya saya pengennya akadnya sore aja pas sebelum resepsi, for the sake of simplification.. tapi kl dengan akad pagi bisa membuat saya dipaes, saya rela! aku rela bangun pagi! subuh! atau tdk tidur sekalipun! *dramaaa* hahaha kemudian setelah berdiskusi dengan ibu suri, ibu suri berkata: "kl akad jd pake adat jawa, jangan di des iskandar ya dek, dia kan bukan spesialisasinya.. mending kamu coba cari perias jawa sekalian buat acara adat sehari sebelum nikahan kyk siraman, midodareni/ngeyeuk sereuh sekalian.."

Nahlo.. brarti jdnya skrg peernya adalah.. siapa vendor jawa yang okee?

Notes: All photos were taken from www.google.com

1 comment:

  1. Hahahaha lagi nyiapin semua2nya ya sayang? semangat yoo...pasti heboh deh...btw,,lo kan ga punya darah jawa? jangan ngaku2 deh!hihihi

    ReplyDelete