Monday, February 13, 2012

27 JANUARI 2012: SIRAMAN

Setelah pengajian ~ yang molor 45 menit itu, hiks ~ berba-bi-bu lah saya dan keluarga saya ganti baju untuk ngaras dan siraman (ayah saya sampe ga sempet ganti baju dong ya)..

Kemudian sekitaran jam 10.45, ngaras dimulai. Ngaras ini adalah prosesi adat sunda dimana ceritanya si anak minta izin mau kawin sambil nunjukkin bhakti terakhirnya ke kedua org tua yang ditandai dengan sungkeman dan nyuciin kaki orang tua. Inilah sesi yang beratnya ngalahin lari marathon seribu kilometer sambil bawa bakul buah2an seribu kilogram diatas kepala. Aaahh berat deh pokoknya. Liat aja gimana muke guee..

 astagaa mukee gueee


Walaupun sebenernya udah telat banget dan setelah ini msh ada prosesi siraman, dan ini hari jumat ya, ngga mengurangi keinginan saya menangis.. hikss..

 menyalakan palita

Setelah kelar ngaras, marilah kita menuju gubuk siraman dong.. dalam sekejap mata, kostum langsung berganti dengan standar kostum siraman lah ya.. bustier dan kain dengan motif yang sama, beserta ronje dan bando melatinya..

 pose dulu sblm basah

Siraman dimulai dengan kedua orangtua sebagai penyiram, dilanjutkan dengan penyiram2 lainnya yaitu sesepuh atau keluarga atau kerabat (yang katanya sih harus udh pernah ngawinin anaknya, tau deh knp). Setelah prosesi siraman selesai, saya disuruh berwudhu (alhamdulillah yah saya kan alimnya kayak anak pak ustadz, jd insiden nia ramadhani alhamdulillah ga terjadi *nyengir*), terus dilanjutkan dengan prosesi pengguntingan rambut. Pada prosesi ini, ayah-bunda nampak dendam mau ngebotakin rambut saya apa gmn, saya sampe teriak "aaa jangan banyak2 dipotongnyaa" hahaha..

 jangan banyak banyaakk

si nandi mau disiram jugaak

Di waktu yang hampir bersamaan, terjadi prosesi siraman juga dirumahnya Nandi, setelah sblmnya utusan keluarga saya dateng kesana membawakan air siraman dari sumber mata air yang sama dengan air siraman saya untuk dicampurkan ke air siraman dia. Rambutnya dipotong juga sejumput yang kemudian dibawa pulang ke rumah saya oleh sepasang utusan tsb. Sesampainya dirumah, rambut kita berdua ditanem bareng ke tanah. (in my case, di pot bunga hahaha, simply because there's no yard in my house, tp positifnya, kl kita pindah tu pot bisa kita bawa2 dong ah! *smirk*)

Menu Makan Siang
BUFFET
Nasi Putih
Nasi Goreng Rempah
Sop Iga Asam Pedas
Ayam Panggang Sambal Sereh
Cah Daging Cabe Hijau
Udang Goreng Sereal
Cah Jagung Muda + Lidah
Sambal - Kerupuk - acar
Asinan Jakarta 
Buah Potong 
Puding
Snack
Juice
Air Putih
FOODSTALL
Pempek
Es Cincau

Vendors
Venue: Rumah CPW dan CPP
Kebaya ngaras: Mas mustaqin
Adat sunda: Sanggar Ibu Etty Sam
Adat jawa: Sanggar Wulandari (Ibu Endang Supeno)
Decoration: Puncak Florist
Tenda: Garlic Production
Catering: Alfabet
Photography: Maheza Studio
Souvenir siraman: Mukena Thamrin City

No comments:

Post a Comment